by

Sekilas Beda Cincin Tunangan Dan Cincin Kawin

cincin tunangan

Manusia itu otonom, dia bisa bebas pilih respon tentang apa yang akan dia lakukan untuk menanggapi respon tersebut. Maka itu saat hubungan sudah kian  serius, pasangan kekasih juga  bersiap melangkah pada tahap berikutnya. Nah, pilihan respon itu maksudnya adalah memilih bertunangan atau justru langsung kawin. Namun, baik mereka yang memilih bertunangan dulu maupun yang memilih kawin langsung ada baiknya mengetahui  sekilas beda cincin tunangan dan cincin kawin agar paham bedanya.

Bila kita ikuti pergerakan kebudayaan, maka dalam budaya barat, ketika seorang pria menyukai  wanita kemudian dia setuju untuk bertunangan, maka cincin tunangan dilingkarkan  ke jari si wanita, untuk si pria tak mamakai. Sementaa di Indonesia , ada orang  yang saling melingkarkan cincin pertunangan saat lamaran atau tukar cincin. Namun ada juga yang sama dengan barat dimana cincin tunangan hanya dipakai  wanita. Jadi  sekilas beda cincin tunangan dan cincin kawin, adalah konsep acaranya dimana cincin tunangan saat tunangan atau tukar cincin dilakukan.

Pada negara – negara yang sudah modern dengan peradaban yang maju, maka budaya tukar cincin bisa sangat mewah. Tukar cincin ini pada biasanya dilingkarkan pada jari manis tangan kiri. Karena pada tangan kiri menandakan hubungan non perkawinan alias ikatan yang belum sempurna. Mengapa ikatan tunangan belum sempurna,ya karena merupakan ikatan yang sifatnya belum legal formal. Sifatnya masih ikata yang sementara karena boleh jadi ada pasangan yang ingkar janji pada proses tunangan ini. Jadi sekilas beda cincin tunangan dan cincin kawin adalah cincin kawin dilingkarkan pada proses perkawinan, sebagai simbol pengikat janji sehidup-semati pasangan itu.

Sekilas beda cincin tunangan dan cincin kawin adalah kalau cincin kawin mempunyai ikutan prosesnya yakni upacara perkawinan. Upara perkawinan ini sifatnya legal formal, ada landasan hukumnya , ada akta nikah buat pasangan berdua. Sedangkan letak cincinya juga berbeda. Kalau cincin kawin umumnya memiliki posisi di jari manis tangan kanan serta desainnya polos tanpa hiasan, maka cincin tunangan letaknya di jari manis tangan kiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *