by

perbedaan jahit kaos rantai dan jahit biasa

perbedaan jahit kaos rantai dan jahit biasa

Perbedaan Jahit Kaos Rantai Dan Jahit Biasa sering dijadikan standard kualitas dari kaos oleh penjahit. Dari jenis jahit pada kaos ini akan menjadi acuan oleh pembeli kaos. Jenis jahitan akan menyatukan pola kain dan benang sehingga menjadi kaos sesuai dengan yang diinginkan.

Dalam produksi kaos, kaos memiliki banyak pilihan jahitan yang memiliki hasil berbeda pada akhir prosesnya. Seperti pada kaos yang memiliki tekstur berbeda dengan kain lainya juga memiliki teknik menjahit sendiri yakni, jahit kaos rantai dan jahit biasa.

Perbedaan Jahit Kaos Rantai Dan Jahit Biasa

Salah satu dari banyakya jenis jahitan pada kaos adalah jahitan rantai. Jenis jahitan ini merupakan jenis jahitan yang paling penting dalam menjahit kaos polos. Sesuai dengan namanya jenis jahitan ini akan menghasilkan jahitan yang terlihat seperti rantai.

Kaos jahit biasa di bagian belakang rib atau leher
Kaos jahit biasa di bagian belakang rib atau leher

 

Kaos Jahit rantai di bagian belakang rib atau leher
Kaos Jahit rantai di bagian belakang rib atau leher

Jahit rantai digunakan untuk menjahit kaos mulai dari pundak kiri, kanan dan belakang leher. Jenis jahitan ini banyak digunakan karena menjaga keawetan dan kualitas dari kaos sehingga akan mengurangi kerusakan yang mungkin dialami seperti jahitan terlepas atau kaos yang berlubang karena jahitannya terlepas.

Salah satu yang menjadi acuan pembeli saat akan membeli kaos adalah dengan melihat jahitan yang digunakan oleh produsen konveksi kaos surabaya. Karena itu untuk memilih kaos yang memiliki kualitas bagus dan awet maka pembeli akan melihat dari jahitan rantai yang digunakan.

Untuk menjahit kaos dibutuhkan mesin dengan kecepatan tinggi yang dikhususkan untuk menjahit kaos karena memiliki kemampuan untuk menjahit sekaligus mengobras kaos, berbeda dengan jahit biasa yang menggunakan mesin biasa.

Terdapat beberapa trik yang bisa digunakan untuk menjahit kaos dengan jahitan biasa tetapi menhasilkan jahitan seperti Overlock atau seperti menggunakan mesin industri untuk menjahit pakaian.

Anda bisa menggunakan potongan kertas yang ditempatkan pada jalur yang akan dijahit. Setelahnya jahit keduanya secara bersamaan, dan setelah dipastikan terjahit lepaskan kertas dari kaos secara perlahan. Hasil dari jahitan ini lumayan rapi tetapi berbeda dengan jahit rantai yang memang dikhususkan untuk kaos.

Perbedaan dari jenis kain ini lah yang mengharuskan produsen untuk menggunakan teknik tertentu dalam proses pembuatan kaos agar kualitas dan keawetan kaos dapat dipertahankan sesuai dengan keinginan pembeli.

Jenis jahitan rantai menjadi standard penjahitan untuk kaos yang berkualitas. Sudah banyak dari produsen yang menggunakan teknik ini. Tak khayal terdapat beberapa produsen juga mengabaikan proses jahit rantai dan hanya menggunakan jahit biasa dengan alasan untuk menekan biaya produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *