by

KEUNGGULAN KAYU JEPARA UNTUK FURNITUR?

Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa. Jepara juga merupakan Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi oleh laut. Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yakni gugusan pulau-pulau di Laut Jawa. Dua pulau terbesarnya adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Penyeberangan ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bertolak dari Pelabuhan Jepara.

Jepara juga merupakan daerah penghasil mebel dan furnitur yang sangat terkenal namanya di seantero negeri. Bukan hanya itu, furnitur jepara juga telah banyak dikenal oleh berbagai negara dan bahkan menjadi produk incaran orang – orang dari luar negeri. Apa sih yang menjadi keunggulan kayu jepara untuk produksi furnitur? Ternyata jawabannya ada pada kualitas kayu jati jepara yang dipergunakan dalam proses pembuatan furnitur dan mebel. Ditambah lagi keahlian masyarakat Jepara dalam membuat berbagai motif ukiran cantik nan indah juga sudah tak diragukan lagi oleh dunia. Semakin menambah keunggulan kayu jepara sebagai furnitur yang paling banyak digemari.

Nah, keunggulan kayu jepara sendiri berasal dari kualitas kayu jati tua yang menjadi bahan bakunya. Kayu jati tua dari jepara merupakan kayu unggulan sebab kayu jati terkenal dengan keawetannya. Kayu jati juga cenderung tahan dengan berbagai serangan hama yang seringkali justru menghinggapi furnitur berbahan kayu dari jenis kayu lainnya. Karena itu, furnitur berbahan kayu jati jepara bisa bertahan hingga ratusan tahun dan tetap awet, kuat, serta tidak keropos. Tidak heran jika banyak konsumen tetap menyukai furnitur berbahan kayu jati Jepara meskipun harga yang dibanderol tidaklah murah.

Meski harga furnitur dari kayu jati Jepara cenderung mahal, namun agaknya hal itu sebanding dengan kualitas yang dihasilkan mebel dan furnitur. Mengingat harga kayu jati Jepara dari hari ke hari juga terus melambung tinggi akibat banyaknya permintaan namun terbatasnya jumlah barang. Pengrajin furnitur dan mebel dari kayu jati Jepara pun terpaksa putar otak agar ketersediaan kayu Jati Jepara bisa stabil dan mereka tetap bisa berkarya. Oleh karena itu, banyak diantara para pengrajin yang bahkan memanfaatkan bonggol akar kayu Jati Jepara untuk dibuat produk furnitur nan cantik seperti meja, kursi, bahkan partisi berbentuk berbagai ukiran bertema binatang dan tumbuh – tumbuhan. Ternyata keunggulan kayu Jepara untuk produksi furnitur tetap dipertahankan bahkan meski harus memanfaatkan akar jati sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *