by

Kelebihan Headset Bluetooth dan Tips Membelinya

Teknologi Bluetooth ternyata mampu memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi nirkabel ini memungkinkan sebuah perangkat mengakses gadget lainnya untuk saling bertukar data, maupun berkomunikasi. Energi yang dibutuhkan untuk mendukungnya pun tergolong rendah. Sehingga banyak pabrikan yang semakin gencar mengembangkan teknologi ini pada berbagai perangkat. Salah satunya adalah headset Bluetooth. Kehadiran headset berbasis teknologi Bluetooth ini ternyata mampu memberikan banyak keuntungan. Apa saja kelebihan headset tersebut dan bagaimana tips membelinya? Artikel ini akan membahasnya hingga tuntas.

Kelebihan yang Bisa Diperoleh dari Headset Bluetooth

Headset telah menjadi salah satu alat yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat yang terdiri dari bagian input atau microphone dan output atau speaker ini sering digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah. Misalnya untuk membantu pengemudi yang sedang menerima telepon, melakukan video call dan lain sebagainya. Jika selama ini headset dengan kabel telah banyak digunakan, maka kini headset Bluetooth sudah mulai menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan headset tersebut memiliki banyak kelebihan, yang diantaranya adalah:

  1. Lebih praktis dan mudah digunakan

Headset Bluetooth tentu berbeda dengan headset yang memiliki kabel. Perangkat ini bisa digunakan dengan lebih praktis tanpa harus ribet dengan kabel-kabel yang mengganggu. Selain itu dengan menggunakan headset, kita juga tidak harus selalu memegang smartphone, tablet atau perangkat lain di tangan. Sebuah headset Bluetooth terbaik akan membuat aktivitas kita dalam menelepon, mendengarkan musik dan lain sebagainya menjadi lebih praktis. Selain itu, headset ini juga mudah digunakan, berkat kecanggihan teknologi yang dimilikinya.

  1. Memberikan rasa aman yang lebih besar

Mobilitas yang tinggi terkadang menuntut kita harus menerima panggilan telepon saat sedang berkendara. Padahal saat ini telah dikeluarkan larangan menggunakan handphone saat mengendarai mobil ataupun motor, karena memang sangat berbahaya. Headset dengan teknologi Bluetooth ternyata mampu menjadi solusi dari masalah tersebut. Dengan menggunakan headset ini kita bisa menerima panggilan telepon tanpa harus menyentuh hp. Bahkan beberapa cara menggunakan headset Bluetooth memungkinkan kita mengangkat telpon dengan satu sentuhan mudah atau dengan perintah suara.

  1. Memiliki banyak fitur menarik

Headset Bluetooth yang dijual saat ini memiliki beragam fitur menarik yang membuat penggunaannya memperoleh banyak kemudahan. Misalnya fitur Voice Control-Button, yang bisa membuat headset menerima perintah melalui suara. Fitur ini memungkinkan penggunanya tidak perlu mengeluarkan smartphone yang berada di dalam tas. Ada juga fitur noice reduction yang mampu meredam suara-suara bising dari lingkungan. Fitur lain adalah kemampuan untuk bisa menggunakan sebuah headset dengan lebih dari satu smartphone. Fitur-fitur canggih tersebut bisa ditemukan pada headset Bluetooth Jabra.

  1. Membuat penggunanya lebih produktif

Banyak pekerjaan yang harus tertunda saat kita sedang mengangkat telepon. Padahal produktivitas yang tinggi telah menjadi tuntutan dunia kerja saat ini. Untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan sebuah headset Bluetooth. Headset ini akan mampu membuat kita dapat mengangkat telepon, sementara kedua tangan bebas untuk melakukan pekerjaan apapun. Hasilnya produktivitas kerja pun bisa selalu terjaga dan komunikasi menjadi tidak terputus.

  1. Mampu menghindarkan berbagai masalah kesehatan

Ponsel yang sedang aktif akan menghasilkan radiasi yang jika terlalu lama mengenai tubuh akan memberikan efek kurang baik bagi kesehatan. Saat menempel ditelinga pun panas yang dihasilkannya bisa menyebabkan rasa pening dan membuat tidak nyaman. Untuk mengurangi pengaruh buruk akibat menggunakan handphone yang terlalu lama, headset Bluetooth bisa menjadi solusi. Karena saat ini telah dijual headset berteknologi Bluetooth dengan tingkat radiasi 800 kali lebih kecil. Penggunaan headset dapat mengurangi radiasi handphone yang dalam jangka panjang bahkan bisa menyebabkan kanker otak.

Selain berbagai kelebihan di atas, headset Bluetooth yang dijual saat ini juga memiliki desain yang menarik. Tampilannya modern dan stylish. Selain itu headset ini juga sangat ringan dan ergonomis, sehingga terasa sangat nyaman. Earhook yang digunakan memiliki bentuk sesuai dengan bentuk telinga, sehingga saat digunakan untuk waktu yang lama sekalipun akan tetap terasa nyaman. Untuk bisa mendapatkan headset yang memiliki banyak kelebihan tersebut, kita harus melakukan pembelian yang cerdas, dengan mengikuti beberapa tips yang disarankan.

Tips Membeli Headset Bluetooth

headset bluetooth

Seperti perangkat elektronik lainnya, headset Bluetooth juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Karena itu sebelum membelinya kita harus memperhatikan spesifikasi dan kemampuan dari alat tersebut. Apakah spesifikasi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan kita ataukah tidak. Demikian halnya dari segi harga. Jika kita membandingkan harga headset atau harga earphone murah dengan yang mahal, tentu ada perbedaan dalam hal kualitasnya. Untuk mengetahui hal tersebut dengan jelas, maka tips-tips berikut ini bisa digunakan:

  1. Jarak koneksi

Jarak koneksi menjadi salah satu hal yang harus ditanyakan saat hendak membeli headset Bluetooth. Dengan demikian, kita bisa mengetahui dimana harus menggunakan perangkat ini saat hp diletakkan dalam tas ataupun di atas meja. Umumnya perangkat dengan Bluetooth kelas dua bisa digunakan pada jarak hingga 10 meter. Tetapi tentu saja, keberadaan penghalang seperti tembok akan mengurangi daya jangkauannya.

  1. Kemudahan dalam penggunaan

Penggunaan headset biasanya harus dilakukan secara cepat. Karena itu saat hendak membeli headset Bluetooth, kita harus mengetahui apakah perangkat tersebut mudah untuk dinyalakan, ataupun menerima beberapa perintah. Selain itu kita juga harus memilih headset yang mudah untuk dicangklongkan pada telinga. Headset seperti itu tentu tidak akan menimbulkan kerepotan saat akan memasangnya. Karena itu pilihlah headset yang ringan, kecil dan nyaman digunakan.

  1. Keawetan perangkat

Kecanggihan teknologi telah memungkinkan berbagai perangkat dengan harga murah memiliki banyak fitur layaknya perangkat yang mahal. Kondisi ini juga terjadi pada perangkat headset. Tetapi berdasarkan pengalaman di lapangan, perangkat dengan harga lebih mahal tetap memiliki kelebihan dari segi keawetannya. Karena itu, kita harus bisa memutuskan dengan baik apakah beragam fitur yang ingin didapatkan, ataukah keawetan produk yang lebih utama.

  1. Baterai

Baterai menjadi salah satu bagian yang penting dalam sebuah headset berteknologi Bluetooth. Daya hidup baterai perlu diketahui sebelum membelinya, agar kita bisa mengontrol standby time ataupun talk time-nya. Jenis baterai juga harus ditanyakan, apakah berbahan lithium atau lainnya. Cara mengisi ulang baterai juga perlu diperjelas, apakah bisa diisi menggunakan USB, adapter mobil atau lainnya. Baterai yang berada dalam headset juga sebaiknya mudah untuk diganti.

Selain keempat tips diatas, bagi pengguna kacamata juga harus memperhatikan desain dari headset Bluetooth yang akan dibeli. Pilihlah headset yang memang bisa digunakan saat kacamata juga harus dipakai, tanpa melepasnya. Karena bagaimanapun juga kehadiran teknologi headset dengan Bluetooth ini dirancang untuk mempermudah semua orang dalam menggunakannya. Kemudahan dan kenyamanan memang menjadi kelebihan utama headset dengan teknologi Bluetooth yang bisa diperoleh dengan tips membeli yang cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *