by

Jangan Sampai Terlewatkan, Hal Ini Yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Ingin Berumah Tangga


Setiap orang di dunia ini pastinya ingin menikah dan berkeluarga. Berkeluarga merupakan suatu kewajiban setiap manusia yang hidup di dunia ini karena manusia diciptakan untuk berpasangan. Akan tetapi, membangun sebuah keluarga bukan hal yang mudah dan dianggap sepele. Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika ingin menuju ke sebuah hubungan yang lebih serius. Sebelum menuju ke pernikahan, ada beberapa orang ingin memulai tahap dengan cara berpacaran agar mengetahui sifat dan sikap masing-masing. Ada yang memulai pengenalan dengan cara ta’aruf karena ingin terhindar dari perbuatan dosa. Usia yang belum matang untuk saat ini masih menjadi perdebatan karena dianggap belum pantas untuk menuju ke perniakhan atau berumah tangga. Dengan umur yang masih muda di takutkan tidak bisa menyelesaikan masalah dalam berumah tangga karena masih mempunyai sifat yang labil atau belum matang. Sebuah pernikahan yang awet, apabila setiap permasalahan diselesaikan dengan cara baik.

Dalam mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria yang dinginkan memang tidak mudah. Tentu kriteria tersebut juga bisa diterima oleh keluarga kedua belah pihak. Banyak orang gagal menikah karena tidak dapat restu dari kedua orang tua. Hal ini terjadi karena calon suami atau istri yang dikenalkan tidak sesuai dengan harapan orang tua. Pada zaman sekarang modal cinta tidak cukup untuk menuju ke pernikahan. Tentu kamu harus mempunyai masa depan yang baik. Nah, bagi kamu yang ingin menikah, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan.

1. Modal nikah atau kemapanan

Hal yang pertama yang harus dipersiapkan seorang laki-laki adalah modal nikah. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa modal nikah merupakan kunci untuk menuju ke pernikahan atau berumah tangga. Jika seorang pria yang sudah mapan harta dan sudah mapan hatinya maka orang tersebut menjadi menantu idaman setiap orang tua. Untuk menuju ke pernikahan pastinya melalui proses tunangan. Dalam proses tunangan biasanya seorang cowok memberikan cincin tunangan kepada ceweknya. Dalam hal ini saja kamu butuh modal untuk membeli cincin tunangan dan menggelar pesta tunangan. Maka, tidak dipungkiri bahwa modal adalah hal yang harus dipersiapakn jika ingin berumah tangga.

2. Kesiapan mental baik itu dari cowok dan cewek

Menikah memang momen yang sangat ditunggu dan tentu akan menjadi momen yang menyenangkan. Akan tetapi, momen tersebut akan berubah menjadi momen yang sangat mengkhawatirkan atau menegangkan jika mental belum siap. Jika memang sudah memutuskan untuk berumah tangga dari segi mental harus siap seratus persen apalagi kamu sebagai kepala rumah tangga. Jika mental belum siap, akan banyak terjadi perselisihan dalam berumah tangga. Jadi, sebelum memutuskan menikah lebih baik dipikirkan secara matang agar tidak menyesal meudian harinya.

3. Restu orang tua dan mertua

Untuk menuju ke pernikahan pasti kamu dan dia memerlukan restu dari kedua orang tua masing-masing. Menikah bukan hanya bersatunya dua hati, akan tetapi menyatukan kedua keluarga. Pernikahan yang bahagia dan lancar pastinya harus mendapatkan restu orang tua. Dalam hal ini, kamu sebagai calon pengantin harus pandai dalam hal mencuri hati kedua orang tua. Yakinkan kepada mereka bahwa pilihan yang kamu pilih merupakan pilihan yang terbaik buat dirimu. Dalam hal restu orng tua biasanya tidak luput dari hal kemapanan seseorang. Jika kamu sudah mapan, maka satu langkah sudah kamu lewati dan tinggal mengakrabkan saja. Kemapanan sangat dibutuhkan karena berumah tangga butuh biaya untuk masa depan dan anak.

Dari penjelasan diatas, 3 hal itulah yang harus dipersiapkan terlebih dahulu agar dalam pesta pernikahanmu berjalan dengan lancar. Jika memang sudah siap untuk menikah, dalam hal mencari barang untuk pernikahan jangan sampai ada perdebatan yang sangat besar. Misalnya dalam hal memilih model cincin kawin, kamu dan dia cukup berdiskusi dengan baik jangan sampai ada pertengkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *