by

Bunda Baru Melahirkan? Ini Tips Lengkap Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Memiliki anak tentu menjadi idaman setiap pasangan. Namun tak jarang ketika baru memiliki anak, muncul rasa khawatir dan bingung bagaimana cara merawat bayi baru lahir. Pasalnya, bayi baru lahir memerlukan banyak perlakuan khusus. Tak jarang ada orang tua yang kemudian stress bahkan sebelum bayi lahir, karena merawat bayi baru lahir memang akan banyak menguras tenaga juga emosi.

Nah, bagi Anda orang tua yang baru memiliki bayi tentu perlu untuk mengetahui seperti apa sih cara dan tips yang tepat dalam merawat sang buah hati. Kali ini kita akan membahas tips dan trik bagi orang tua muda dalam cara merawat bayi baru lahir.

  • Tips menyusui. ASI adalah asupan yang sangat penting untuk diberikan kepada bayi baru lahir. Bahkan lembaga internasional WHO sangat menganjurkan bunda untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi sampai minimal usia enam bulan. Bagi bunda yang akan memberikan ASI, tentu penting untuk selalu menjaga asupan makanan agar dapat menghasilkan nutrisi yang baik bagi buah hati. Tips tambahan lainnya, usahakan buat si kecil bersendawa setelah meminum ASI agar perutnya tidak kembung. Caranya bisa dengan menggendong bayi dalam posisi berdiri dan dagu bayi ditopang di pundak bunda. Tepuk ringan punggung bayi hingga ia bersendawa.
  • Tips memandikan bayi. Pada cara merawat bayi baru lahiryang kedua ini, bunda perlu untuk berhati-hati. Pasalnya badan bayi baru lahir masih sangat lemah sehingga penting untuk diberikan perlakuan khusus ketika memandikannya. Sebaiknya jangan tergesa-gesa ketika memandikan bayi. Cukup usap bayi dengan air suam-suam kuku dan jangan lupa untuk menggunakan produk peralatan mandi yang di formulasikan khusus untuk bayi. Tips tambahan, bunda bisa menjadikan momen memandikan bayi ini sebagai quality time antara bunda dengan sang buah hati. Sambil memandikan, ajak si kecil mengobrol atau sambil bersenandung agar tercipta kedekatan emosional sejak dini.
  • Tips menidurkan bayi. Bagi bayi baru lahir, tak jarang bunda harus rela bangun tengah malam ketika sang buah hati terbangun dan menangis. Hal ini biasa terjadi pada bayi. Meskipun total jam tidur bayi bisa mencapai hingga enam belas jam sehari, tetapi kita tidak bisa memprediksi kapan si kecil akan terbangun. Untuk itu pastikan bahwa bunda harus selalu standby saat bayi rewel. Tips tambahan, bunda bisa menggunakan kelambu untuk melindungi bayi dari nyamuk atau serangga lain. Tetapi usahakan untuk tidak menyimpan terlalu banyak boneka di sekitar bayi ya bunda, karena ternyata tidak baik untuk bayi yang baru lahir.

Itulah beberapa tips cara merawat bayi baru lahir. Bagi bunda yang mengalami kendala dalam memberikan ASI, rangkaian produk Wyeth Nutrition khusus untuk bayi baru lahir bisa jadi pilihan tepat sebagai pengganti ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *