by

Beberapa Penyebab Sakit Pada Telinga dan Cara Penanganannya

Sakit Pada TelingaJika di lihat dari anatomi telinga terbagi menjadi 3 bagian yakni bagian luar, bagian tengah dan juga bagian dalam. Setiap bagian dari telinga ini mempunyai kegunaan yang berbeda sehingga anda bisa mendengar dengan baik dan jika terjadi gangguan pada telinga, maka pendengaran jadi kurang baik. Jika gangguan terjadi pada telinga bagian dalam maka akan terjadi masalah keseimbangan dan apabila anda mulai merasakan nyeri pada bagian telinga, maka ada kemungkinan anda mengalami salah satu masalah telinga yang akan kami ulas berikut ini.

Infeksi pada telinga
Bagian telinga yang umumnya mengalami infeksi adalah pada bagian tengah yang terjadi karena saluran Eustachius pada telinga tertutup atau mengalami pembengkakan karena menumpuknya cairan pada telinga bagian tengah tersebut. Penyebab dari terjadinya penyumbatan disebabkan oleh alergi, flu, merokok, lendir yang terlalu banyak dan juga infeksi karena sinus. Infeksi pada telinga ini umumnya terjadi pada anak di bawah umur 3 tahun dengan presentasi sebanyak 75%. Gejala yang ditimbulkan dari infeksi telinga ini diantaranya adalah keluar cairan seperti nanah, pendengaran mengalami penurunan dan juga rasa nyeri di dalam telinga. Meskipun infeksi telinga ini termasuk ringan dan bisa hilang tanpa diobati, akan tetapi anda juga bisa melakukan beberapa penanganan seperti di bawah ini.
• Minum beberapa obat bebas seperti asetaminofen, ibuprofen dan dekongestan.
• Redakan rasa nyeri dengan memakai obat tetes khusus telinga.
• Gunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat dan letakkan pada telinga yang terinfeksi.
• Periksa ke dokter jika sakit tidak hilang sehingga dokter akan memberikan antibiotik.

Tinnitus
Tinnitus juga merupakan salah satu penyebab dari sakit pada telinga yaitu sebuah keadaan seseorang mendengar suara mendengung di dalam telinga dan suara ini bersumber dari dalam tubuh. Untuk menangan masalah ini, biasanya dilakukan diagnosis dan juga beberapa cara lain yang bisa anda lihat berikut ini.
• Apabila tinnitus diakibatkan dari gangguan pada pembuluh darah, maka harus diatasi dengan beberapa obat dan juga menjalani operasi.
• Gejala tinnitus ini bisa dikurangi dengan cara menghilangkan lilin yang terdapat di dalam telinga.
• Beberapa jenis obat, bisa menjadi penyebab dari tinnitus, oleh sebab itu gantilah obat yang biasa anda gunakan agar masalah ini bisa dikurangi.

Meniere
Meniere juga merupakan salah satu penyebab dari rasa sakit pada telinga dikarenakan cairan yang ada di dalam telinga bagian dalam tidak normal, sehingga ini bisa menimbulkan vertigo secara mendadak. Kepala pusing dan juga tinnitus merupakan dua gejala yang terjadi pada meniere ini dan biasanya di derita pada orang diantara usia 40 sampai 50 tahun. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan dengan memakai beberapa jenis obat vertigo, operasi atau suntik di telinga bagian tengah tersebut dan semua penanganan ini hanya bisa dilakukan oleh para dokter spesialis telinga atau THT.
Barotrauma
Barotrauma merupakan cedera yang terjadi di telinga karena perubahan tekanan air seperti saat naik pesawat, pergi ke gunung atau menyelam pada kedalaman tertentu dan gejala yang ditimbulkan dari barotrauma ini adalah rasa nyeri, telinga terasa tersumbat dan kepala pusing. Pada sebagian orang, sakit telinga ini bisa membuat seseorang kehilangan pendengaran seperti cntohnya karena faktor usia, terlalu bising, beberapa obat tertentu dan juga trauma.
Beberapa penyebab sakit pada telinga dan cara penanganan di atas sangat perlu anda cermati agar bisa terhindar dari berbagai resiko yang lebih buruk dan segera periksa ke dokter saat anda mulai mengalamu gangguan pada pendengaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *